Rahasia Cara Mendirikan Usaha Es Tebu di Jogja

Tumbuhan Tebu dikenal sebagai genus tanaman yang menghasilkan gula. Pohon tebu ramai tumbuh produktif di Negeri ini yang pastinya sangat pas dengan tipe keadaan tropis. Khusus wilayah di Indonesia seperti pada Pulau Jawa dan Sumatera tumbuhan tebu ramai dikembangkan. Penggunaan tumbuhan batang tebu tersebut ramai digunakan untuk cara pengolahan gula di pabrik gula. Selain batangnya, daun tebu yang sudah garing juga ramai dipakai untuk keperluan sendiri dan untuk bahan bakar ketika memasak supaya lebih ekonomis.
Siapa Pelanggan Es Tebu?
Minuman es tebu tentu merupakan suatu usaha yang menjanjikan dengan penghasilan yang cukup besar jika diambil peluangnya. Banyak sekali pelaku minuman sari tebu ini yang beredar di masyarakat, mulai dari pengusaha es tebu dorong hingga swalayan besar ataupun kantin es tebu. Market untuk sasaram customer es tebu ini sungguh sangat luas. Dari anak kecil maupun orang tua banyak yang suka minuman sari tebu sebagai salah satu tipe minuman alami yang bagus diberikan untuk tubuh.
Memulai Bisnis Es Tebu
Di dalam menekuni bisnis minuman tebu, maka Anda wajib melaksanakan beberapa rencana yang dipetakan dalam menekuni usaha tersebut mulai persiapan bahan baku sampai langkah akhir penjualannya.

Dalam memilih kualitas tebu juga sebenarnya gampang dan santai. Selain bahan baku, Anda juga wajib menemukan tempat yang sesuai untuk mengelola bisnis sari tebu. Pemilihan lokasi sangatlah krusial untuk mencari pembeli, bila tempat sangat ramai tentu pembeli akan gampang untuk dicari, akan tetapi jika tempat tidak strategis dan tidak pas, tentu pembeli Anda akan tidak tertarik.

Pemilihan Tempat
Memilih lapak dalam berdagang es tebu ini dapat dikelola pada tempat yang strategis contohnya universitas, market, terminal, sepanjang jalan, stasiun, stadion, kota, mall dan lainnya. Penentuan lokasi pasti mempunyai efek yang besari untuk menyukseskan usaha minuman tebu. Misalnya saja Anda mau membuka usaha sari tebu kecil­kecilan dengan membuka lapak di depan minimarket. Untuk menekuni bisnis minuman sari tebu tentu tidak wajib merekrut karyawan karena proses pekerjaanya sangat simpel dan bisa dijalani sendiri.
Pemakaian Mesin Bisnis Es Tebu
Bisnis minuman tebu ini memerlukan mesin penggiling tebu. Dengan memakai penggiling tebu tentu tahap pemerasan tebu dalam produksi minuman sari tebu akan gampang dengan proses pemerasan yang cepat dan mudah. Mesin pemeras tebu ini tersedia dengan banyak kesukaan dari tarif terjangkau dengan penggilingan kinerja manual hingga tarif mahal dengan penggilingan otomatis yang mudah, cepat dan efektif.

Baca juga  Saatnya Memulai Bisnis Roti UKM Dirumah
Mesin pemeras tebu ini memiliki banyak jenis dan kapasitasnya yang dapat dicocokkan dengan pendukung keperluan bisnis minuman sari tebu Anda.



Cara Sukses Berusaha Es Sup Buah yang Enak


a. Produk
Aneka buah yang sering diolah untuk memproduksi es buah ialah kelapa muda, melon, nangka, blewah, alpukat, strawberi dan buah mangga. Bahan pelengkapnya dapat menggunakan agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling. Gunakan buah-buahan serta bahan tambahan yang terbaik dan masih segar.

Berbagai bahan es buah bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional atau di supermarket. Buah-buahan juga bisa diperoleh langsung dari pemasok buah. Selain karena harganya lebih terjangkau dan kualitas lebih baik.

b. Tempat
Dalam memilih lokasi usahakan cari lokasi yang banyak orang, contoh di tepi jalan, berdekatan dengan perumahan, kantor-kantor, sekolah atau kampus. Pastikan lokasi berjualan berada pada tempat yang gampang ditemukan dan sering dilalui banyak orang.

Usaha es buah bisa dilakukan sendiri. Tetapi, jika jumlah pelanggan meningkat, Anda bisa mempekerjakan 1-2 pekerja.

Tips Dalam Menjalankan Bisnis
1. Buat Catatan Keuangan
Catatan keuangan dapat digunakan untuk mengetahui berapa jumlah modal yang digunakan, biaya operasional setiap hari yang digunakan, dan profit yang didapat. Selain itu juga, data keuangan juga dapat digunakan Untuk mengajukan peminjaman modal, data keuangan juga bisa menentukan diterima atau ditolaknya permohonan tersebut. Catatan tersebut bisa dijadikan jaminan.

2. Menentukan Harga Jual
Pastikan bahwa harga jual kompetitif dengan pedagang es buah yang ada di sekitar. Hampir semua bisnis ini memiliki cukup banyak competitor. Oleh sebab itu harga menjadi salah satu aspeks terpenting untuk bisa mengalahkan pesaing.

3. Kelola Karyawan Dengan Benar
Sesuai jumlah pekerja dengan keperluan usaha yang Anda jalankan, karena apabila kebanyakan karyawan mengakibatkan tidak efisien.

Tambahlah jumlah pekerja ketika bisnis Anda telah besar.

Gaji karyawan sebaiknya dicocokan dengan kemajuan bisnis. Kenaikan upah serta penambahan bonus disesuaikan dengan peningkatan omzet.

Baca juga  Tips Memulai Usaha Minuman Air Tebu
4. Menabung Untuk Pengembangan Bisnis
Laba yang didapat harus disisihkan, yaitu untuk menyiapkan pengganti perlengkapan bisnis yang rusak ataupun yang sudah menurun kegunaanya dan untuk meningkatkan bisnis.

5. Membuat Rasa yang Unik
Pada umumnya lokasi bisnis dikenal karena memiliki menu atau rasanya yang unik ketimbang yang lainya.

6. Berikan Layanan yang Professional
Meski hanya usaha kecil, layanan harus tetap maksimal. Mendahulukan pembeli yang datang lebih awal, dan selalu ramah terhadap pembeli merupakan salah satu contoh layanan yang profesional dan menyenangkan pembeli.

7. Membuka Cabang Usaha
Membuat cabang memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya produk yang dijajakan dan merek usaha menjadi lebih familiar di masyarakat. Membuka cabang tidak harus memakai modal pribadi. Dapat memakai sistem bagi hasil menggunakan modal tambahan dari orang lain atau menggunakan sistem waralaba merupakan jalan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

8. Memperhatikan Kebersihan dan Kerapihan
Menjaga kebersihan menjadi bagian yang sangat penting bagi usaha Anda. Kebersihan yaitu meliputi kebersihan perlengkapan, tempat dan minuman.

9. Kerja Keras, Cerdas, dan Kreatif
Tidak ada cara lain untuk dapat merealisasikan impian untuk bisa memiliki usaha yang maju, selain dari mengawalinya untuk bekerja keras serta kerja cerdas supaya bisa menjadikanya lebih besar.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Jitu Bisnis Roti Sukses

Peluang Bisnis Sate Bakso

Meraih Keuntungan Maksimal Lewat Peluang Usaha Bumbu Pecel