Strategi Jitu Bisnis Roti Sukses

Membuat usaha pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan untuk Anda yang masih mencari bisnis yang menguntungkan. Usaha rumahan seperti ini masuk kedalam jenis ukm yang tidak memerlukan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan space terbatas hanya dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah dapat dijalankan mengingat alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Bisnis roti sukses rumahan seperti ini juga bisa dijalankan diberbagai lokasi karena target pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pernah melihat di kios pinggir jalan roti seperti ini di jual dengan berbagai rasa seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya. Roti di jajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan jenis nya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk bisnis roti sukses kelas ukm ini, umumnya mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali jika stok roti di toko nya mulai berkurang.

Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang di jalankan, jika daya produksi rotinya masih terbatas biasanya lingkup pemasarannya cuma disekitar wilayah produksinya, kendaraan yang digunakan untuk berkeliling pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Sebaliknya untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang sudah berskala lumayan besar, lingkup penjualan mereka umumnya lebih luas karena daya produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti Sukses Rumahan
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Pertama-tama yang harus di persiapkan ialah kemampuan atau kemahiran cara membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan orang yang ahli dibidang pembuatan roti.

Sesudah itu juga harus di sediakan berbagai alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling memakan banyak modal bisnis karena harga tiap mesinnya agak tinggi, diantaranya yang umum di gunakan adalah;

Baca juga  Cara Membuat Gulali Tradidional Aneka Rasa
Mixer, yang berguna sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berguna untuk mempercepat proses pemekaran adonan roti sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti biar ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Berbagai jenis alat pendukung lain juga di perlu kan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain lain. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merk nya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap mempunyai seluruh mesin produksi roti ini, dana yang harus dipersiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu bersedih kalau modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda belum sampai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai gambaran biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin pembuat roti yang bagus.

Sementara pada kenyataannya Anda bisa saja membuka bisnis ini hanya dengan cara manual yang bermodalkan oven roti saja, sedangkan peralatan lain bisa memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah terdapat di dapur rumah seperti mixer dan peralatan lainnya.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-roti-sukses/

Produksi Etalase untuk Kue dan Roti

Peluang Usaha Produksi Lemari Kaca untuk Kue dan Roti
Etalase kue dan roti merupakan sebutan untuk rak kaca atau lemari yang dimanfaatkan sebagai sarana memajang berbagai barang, seperti benda seni di pameran, barang antik di museum atau barang dagangan di kios.

Barang yang dipajang di dalam lemari kaca merupakan barang yang perlu dijaga dari kerusakan karena kondisi cuaca, seperti: debu, sinar matahari dan kelembaban. Selain itu, barang berharga yang diletakkan di dalam showcase sering dijadikan incaran pencurian, oleh karena itu etalase kaca terkadang harus diberi kunci atau pengaman.

Showcase bisa berupa lemari kaca seperti di toko kue, kotak berkaca di toko perhiasan, konter HP atau museum, serta tempat memajang barang atau busana model terkini yang dikenakan manikin di belakang jendela kaca. Barang-barang yang dipamerkan pada etalase kue dan roti di toko sering dilengkapi dengan hiasan yang berhubungan dengan perayaan, atau program promo penjualan (diskon). Di Negara Indonesia, rak tempat menaruh produk dengan atau tanpa penutup dari kaca di warung, rumah makan, atau toko swalayan juga disebut showcase.

Peluang Usaha Pembuatan Etalase kaca Kue dan Roti
Suksesnya seorang usahawan bisa berawal dari bagaimana dia pandai dalam melihat dan memanfaatkan ide bisnis yang ada. Dengan semakin meningkatnya dunia usaha di negara Indonesia saat ini, komoditas yang menjadi pendukung usaha sangat dibutuhkan. Salah satu diantaranya adalah etalase kue dan roti.

Tempat yang berguna untuk menaruh produk ini banyak dibutuhkan usahawan. Bila Anda sanggup membuat dan menjadi penyedia etalase kue dan roti ini, maka terdapat pasar yang cukup menjanjikan yang bisa Anda manfaatkan.

Bisnis showcase kue dan roti sangat potensial, sebab sekarang ini orang lebih senang dengan bentuk dan model furniture yang elegan dan minimalis. Sekarang ini untuk memenuhi kebutuhan akan dekorasi ruangan orang lebih suka dengan yang ringan, simple, minimalis, elegan serta modern.

Bahan yang digunakan untuk membuat etalase kue dan roti relatif mudah ditemukan. Pengerjaannya juga cukup mudah jika dibandingkan lemari dari kayu. Keunggulan dari etalase kaca ini adalah biaya produksinya rendah dan peminatnya cukup banyak, sebab etalase kaca ini bisa tahan lama dan tidak dimakan oleh rayap.

Baca juga  Cara Membuat Steak Sapi yang Lezat dan Penuh Gizi
Untuk dapat membuat showcase kue dan roti yang bermutu, Anda harus mempunyai skill khusus. Untungnya, sekarang ini banyak pebisnis yang memiliki usaha di bidang produksi lemari kaca yang profesional. Para pelaku usaha tersebut tidak segan memberikan program training untuk Anda yang tertarik. Anda dapat mengikuti training singkat di daerah Anda untuk dapat memproduksi etalase kue dan roti.

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pelatihan memproduksi etalase kue dan roti. Anda dapat memesan langsung ke Ramesiamesin.com. Anda hanya perlu memasarkan etalase kue dan roti tanpa perlu repot-repot memproduksinya. Untuk model dan detail harganya silahkan kunjungi halaman produk.

Apabila Anda ingin berhasil di bisnis ini, pastinya Anda memerlukan strategi dalam proses pengerjaan hingga proses pengiriman. Selain itu, proses pemasaran merupakan rahasia kesuksesan dari penjualan showcase kue dan roti. Dengan teknik pemasaran yang bagus dan didukung oleh strategi marketing yang efektif, suatu bisnis dapat berhasil.

Inilah beberapa kiat agar pemasaran showcase kue dan roti menjadi lebih mudah.

1. Kenali Pelanggan Anda
Mempelajari target pasar Anda bisa menunjang Anda dalam menentukan langkah strategi marketing yang efektif. Anda dapat mengelompokkan target market menjadi beberapa kelompok, contoh kategori umur 15-25 tahun, bila Anda ingin menjual produk kecantikan. Atau dalam hal ini Anda dapat membidik orang dengan kelompok umur 25-40 tahun, jika ingin memasarkan produk etalase kue dan roti. Jadi, dengan mempelajari siapa target market Anda, Anda bisa terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

2. Lakukanlah Promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda ke pengguna. Upayakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut terus-menerus, konsisten, dan dengan metode yang kreatif agar para konsumen tidak merasa jenuh. Seperti mengirim pesan singkat kepada para konsumen jika sedang ada potongan harga produk etalase kue dan roti Anda. Selain itu, lihat pula bagaimana cara promosi yang dilakukan kompetitor Anda.

3. Pilih Tempat yang Strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah tentang pemilihan lokasi. Usahakan untuk memilih tempat yang tepat dan strategis, supaya kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih luas.

Baca juga  Bisnis Makanan Kecil Rumahan Masih Memiliki Peluang Besar
4. Coba Gunakan Internet Marketing
Pemasaran online bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat ampuh. Anda dapat mengetahui selera dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs e-commerce, jejaring social atau market place.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Bisnis Sate Bakso

Rahasia Cara Mendirikan Usaha Es Tebu di Jogja