Membuat Gulali dari Gula Pasir

Apa Itu Gulali?

Gulali merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang sangat terkenal pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak lebih menyukai membeli gulali yang dijual oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri terdiri dari beraneka macam jenis. Jenis yang paling populer dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis yang kedua adalah gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali jenis ini lebih berwarna karena para penjual gulali ini biasanya mencampurkan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Konon, gulali ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang ada saat ini.

Gulali jenis ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu. Gulali dari gula merah ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir

Gulali jenis ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukai gulali ini.

Dan bahkan, gulali jenis ini kadang bisa ditiup sehingga dapat menghasilkan suara siulan layaknya suara peluit tukang parkir atau satpam. Di bawah kita akan bahas cara membuat gulali dari gula pasir.

Baca juga  Tingkatkan Produksi dengan Alat Pengupas Mete yang Praktis dan Mudah
Permen Gulali Rambut Nenek

Gulali jenis ini terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa sampai gulali ini berbentuk seperti mi atau seperti benang sutra.

Banyak orang menyebut gulali jenis ini sebagai gulali rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya dengan nama Gulali Rambut Nenek.

Konon, orang-orang Cina sering menyebut gulali ini dengan istilah jenggot seekor naga.

Permen Gulali Arum Manis

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan menggunakan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, namanya Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali

Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

· 1/2 kilogram gula jawa atau gula merah yang dihaluskan
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah potong kecil-kecil
· Tusukan sate
Cara Membuat

1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk hingga gula tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu taruh wajan tersebut di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, sila celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik lalu masukkan ke dalam toples.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-gulali-dari-gula-pasir/
https://ramesia.com/

Peluang Usaha Grosir Makanan

Bisnis makanan ringan membutuhkan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan yang berhasil adalah pengusaha yang telah lama berbisnis dan telah mempunyai customer tetap, ditambah makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif dan rasanya yang sedap karena kunci utama bagi para perintis bisnis makanan ringan yaitu kreatif dan inovatif. Terdapat banyak hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan seorang pendatang baru usaha makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

a) Makanan Ringan yang Anda Jual Memiliki Kualitas Bagus

Makanan ringan yang akan Anda jual harus mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun dari segi packaging. Bahan yang dipakai haruslah bahan yang bersih dan tidak mengandung unsur zat yang membahayakan. Cara pembuatannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah makanan ringan Anda dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara teratur. Kemudian kemaslah camilan yang sudah digoreng dengan memakai kemasan yang bagus dan menarik.

b) Harus Penuh Inovasi Baik Dalam Produknya Maupun Cara Pemasarannya

Pengusaha makanan ringan yang sukses ialah pebisnis yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh sebab itu tidak masalah produk yang Anda jual sudah ada di pasaran, yang penting makanan ringan yang Anda jual tersebut memiliki perbedaan secara inovasi dengan makanan ringan yang telah beredar.

c) Ciptakanlah Relationship dengan Customer Untuk Menjaga Loyalitas Mereka

Layanilah customer Anda dengan sangat baik dan bijaksana, tanpa mempedulikan Anda kenal atau tidak dengan customer tersebut. Ciptakan kesan yang bagus pada pelanggan Anda, dengan senyuman dan sapaan meskipun hanya sebatas basa-basi, sehingga pembeli Anda dengan senang hati akan mampir kembali. Disamping itu manfaatkan media sosial untuk membranding makanan ringan yang Anda jual untuk membangun relationship dengan pembeli Anda, karena hal ini akan berdampak positif, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut customer. Promosi dari teman ke teman terbukti sangat efektif untuk mendapat pembeli baru serta meningkatkan penjualan.

Baca juga  Berikut Beberapa Gambaran Inspirasi Usaha Makanan Ringan Untuk Pemula
d) Memiliki Strategi Marketing yang Bagus

Memiliki Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda ke depannya, oleh sebab itu, sebagai perintis usaha makanan ringan, Anda harus dapat menggunakan strategi marketing yang bagus serta mampu membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberi potongan harga, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di sekitar area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Berpikir Besar, Think Positif

Mempunyai visi dan positive thinking dalam hati dan pikiran pebisnis merupakan suatu keharusan. Dalam menjalankan suatu bisnis dituntut melayani pembeli dengan baik. Dan pikiran yang positif bisa membantu Anda berpikir ke depan dengan tenang. hindari pikiran yang sempit dan negatif sebab apa yang Anda pikirkan dapat menjadi kenyataan, oleh karena itu sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Jitu Bisnis Roti Sukses

Peluang Bisnis Sate Bakso

Rahasia Cara Mendirikan Usaha Es Tebu di Jogja